Protes kemarin Mahsa Amini sangat viral, hingga iran memblokir sosmed!

Protes kemarin Mahsa Amini sangat viral, hingga iran memblokir sosmed!

Mahsa Amini

Iran telah memblokir akses ke Instagram dan WhatsApp dalam upaya untuk memadamkan protes menyusul dugaan kematian seorang wanita dalam operasi polisi etika. Mahsa Amini

Menurut Engadget, Rabu (21/9/2022), demonstrasi di seluruh tanah air telah berlangsung selama empat hari berturut-turut.

Protes dimulai selama akhir pekan setelah kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun pada 16 September dalam tahanan polisi moral Iran.

Dia ditangkap karena dicurigai melanggar aturan berpakaian wanita yang ketat. Menurut Reuters, pemerintah Iran secara bertahap membatasi akses internet di sebagian besar negara dalam beberapa hari terakhir.

Ketika protes pertama kali meletus pekan lalu, pemadaman listrik dimulai di Teheran dan seluruh Iran.

Pada malam 19 September, pemerintah memperluas pembatasan ke bagian-bagian provinsi Kurdistan barat. Mahsa Amini

Pada Rabu (21 September 2022), akses melalui WhatsApp dan Instagram, salah satu penyedia internet utama negara itu, tidak tersedia.

Menurut NetBlocks, pembatasan saat ini adalah yang terberat sejak 2019, ketika Iran menutup semua akses internet sebagai tanggapan atas protes bahan bakar.

Wanita dalam tahanan polisi karena mengenakan jilbab Meta tidak segera menanggapi permintaan komentar. Mahsa Amini

NetBlocks mencatat bahwa jamming dapat sangat membatasi kemampuan orang Iran untuk berkomunikasi secara bebas.

Secara teori, pemerintah Iran mungkin berpikir bahwa membatasi akses internet akan mengurangi kemungkinan bahwa pengunjuk rasa akan terus tumbuh.

Akibat penyiksaan yang diduga dilakukan oleh polisi moral, mereka seharusnya bisa lebih terorganisir, memberinya kendali lebih besar atas narasi kematian Amini. Mahsa Amini